Rabu, 25 Januari 2017

Cara Memakai Mesin Cuci Yang Benar

Mesin cuci adalah proses pencucian baju yang sering di lakukan oleh semua kalangan ibu rumah tangga yang sangat melelahkan karena kita harus mengucek , membilas , dan memeras pakaian . akan tetapi , mesin cuci sanggup melakukan tugas-tugas tersebut secara otomatis .

Cara memakai mesin cuci umumnya sangat mudah , tetapi tidak semua orang mengetahui cara mencuci yang benar menggunakan mesin cuci .jika anda telah membeli mesin cuci dan anda belum memahami bagaimana cara menggunakannya . Baca terus kami akan memberikan panduan perihal memanfaatkan dan menggunakan mesin cuci secara efektif .

Jenis - jenis mesin cuci

Mesin cuci di bagi menjadi beberapa jenis yakni mesin cuci front load (bukaan depan) dan mesin cuci top load (bukaan atas). Mesin cuci bukaan atas juga memiliki dua jenis yang berbeda ,yaitu mesin cuci 1 tabung dan 2 tabung . berikut ini penjelasan mengenai jenis mesin cuci.

1. Mesin Cuci Front Load (Bukaan depan)

Foto5348

Mesin cuci bukaan depan memiliki pintu yang terdapat pada bagian depan mesin cuci . pasalnya , jenis mesin cuci ini di anggap efektif untuk membersihkan pakaian atau barang apapun yang bisa di cuci . Harga mesin cuci front load ini umumnya lebih mahal .

2. Mesin Cuci Top Load (Bukaan Atas) 1 Tabung

bukaan atas

Ini adalah jenis mesin cuci yang sudah banyak di gunakan ibu-ibu rumah tangga pada saat ini . Mesin cuci bukaan atas dengan 1 tabung ini mampu menjalankan siklus pengisian air , pencucian , dan pengeringan secara otomatis . Mesin cuci ini akan memberi memberi pembeitahuan (umumnya melalui alarm suara) apabila siklus pengeringan sudah selesai .

3. Mesin Cuci Top Load 2 Tabung



bukaan 2 tabung

Mesin cuci 2 tabung dulu sangat popularitas tapi sekarang sudah tergeser dengan keberadaan mesin cuci 1 tabung , tetapi masih banyak juga yang menggunakan jenis mesin cuci ini . Mesin cuci top loading dengan 2 tabung ini bisa di bilang sebagai mesin cuci manual . karena anda harus memindahkan pakaian dari tabung pencucian secara manual ke tabung pengeringan.
Di samping itu , mesin cuci 2 tabung ini tidak bisa menjalankan siklus pencucian secara otomatis , sehingga anda harus mengisi air dan menekan tombol-tombolnya secara manual . mesin cuci top load 2 tabung adalah yang termurah di banding mesin cuci 1 tabung atau mesin cuci bukaan depan .

 Cara Memakai Mesin Cuci Otomatis

images (3)

jika ini adalah perngalaman pertama anda mencuci dengan mesin cuci , anda bisa mengikuti panduan cara memakai mesin cuci berikut ini :

=> Lakukan instalasi mesin cuci agar tersambung dengan sumber air untuk mencuci . Anda bisa menghubungkan mesin cuci dengan keran atau pompa air terdekat . mesin cuci otomatis umumnya mampu mengisi air sendiri secara otomatis.
=> Masukkan pakaian kotor ke dalam mesin cuci
=> Tuangkan deterjen khusus untuk mesin cuci . sesuaikan jenis deterjen dengan mesin cuci yang anda gunakan , entah itu top load maupun front load
=> Tutup pintu mesin cuci dan nyalakan tombol "start", lalu pilih siklus pencucian sesuai dengan jenis pakaian yang dicuci
=> Tunggu sampai mesin cuci menyelesaikan siklus pencucian , pembilasan dan pengeringan
=> Keluarkan pakaian dari mesin cuci , lalu jemur kembali pakaian di tempat yang berangin .

Cara Memakai Mesin Cuci Manual

manual
Mesin cuci secara otomatis memang sudah banyak meringankan pekerjaan, namun karena beberpa alsan ,masih banyak orang yang lebih suka menggunakan mesin cuci manual .Nah , jika anda termasuk salah satu diantaranya , berikut adalah langkah - langkah dalam menggunakan mesi cuci manual.

** Lakukan agar mesin cuci tersambung dengan sumber air untuk mesin cuci. hubungkan dengan keran pompa air terdekat .
** Masukkan pakaian kotor ke dalam mesin cuci
** Tambahkan deterjen khusu untuk mesin cuci . pada umumnya , mesin cuci manual adalah mesin cuci 2 tabung dengan bukaan atas , maka dari itu pilih diterjen khusus untuk mesin cuci 2 tabung dengan bukaan atas , maka dari itu pilih diterjen khusus untuk mesin cuci top load
** Tutup pintu mesin cuci dan nyalakan tombol untuk mencuci
** Setelah siklus pencucian selesai , buang air di mesi cuci dengan menekan tombol pembuangan air
** Isi kembali mesin cuci dengan air , lalu jalankan siklus pencucian untuk membilas residu deterjen
** Setelah itu , pindahkan pakaian dari tabung pencucian ke dalam tabung pengeringan , jalankan siklus pengeringan pakaian
** Apabila siklus pengeringan telah selesai , angkat pakaian jemur di tempat yang beringin.

Petunjuk cara memakai mesin cuci umumnya ada di katalog yang terlampir ketika anda membeli mesin cuci .

Cara Merawat Mesin Cuci.

Kita dapat mengetahui gimana cara memakai mesin cuci yang benar . Perawatan ini bermanfaat agar mesin cuci anda lebih awet dan tahan lama.berikut adalah beberapa tips untuk merawat mesin cuci: eperti berikut :

>> Buka Pintu Mesin Cuci Jika Tidak di Pakai Lagi

bukaan depan

Selalu buka pintu mesin cuci ketika mesin cuci tersebut dalam keadaan mati alias tidak sedang di gunakan . Nah , tabung mesin cuci yang lembab akan menjadi sarang bagi jamur bdan bakteri , serta dapat menimbulkan aroma tidak sedap .

>> Bersihkan Mesin Cuci Secara Berkala




cara membersihkan mesin cuci

Bersihkan bagian dalam tabung , selang , maupun pintu mesin cuci secara berkala . cara ini efektif untuk membersihkan debu , kotoran , dan residu deterjen yang tertinggal .

>> Pastikan Kabel dan Selang Tidak Terlilit

Ketika mesin cuci selesai di gunakan , simpan kabel dan selangnya dengan rapi . Jangan sampai kabel mesin cuci terlilit untuk mencengah korsleting .

>> Gunakan Deterjen yang Sesuai dengan Jenis Mesin Cuci

Deterjen khusus mesin cuci yang dibedakan menurut jenis mesinya diformulasikan untuk membersihkan pakaian secara optimal . Nah , itulah cara memakai mesin cuci beserta merawatnya . Dengan menggunakan mesi cuci , Anda bisa mencuci pakaian dengan lebih mudah dan hemat waktu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar